Kisah Menarik Dibalik Penemuan Teori Gravitasi

Hy Sobaat... Kali ini kita akan membahas tentang Newton dan teori gravitasinya. Ketika kita menjatuhkan sebuah benda, mengapa benda tersebut selalu jatuh ke bawah dan tidak melayang ke suatu arah? Ilmuwan Inggris Isaac Newton, orang pertama yang menjelaskan teori gravitasi, suatu gaya yang menyebabkan sebuah benda memiliki berat, menjaga kaki kita tetap di atas tanah, dan mencegah alam semesta tercerai berai. Menurut cerita, inspirasi datang kepadanya pada 1665 dalam suatu "momen eureka" paling terkenal sepanjang masa.

Siapakah Isaac Newton?
Isaac Newton (1642-1727) dibesarkan  oleh neneknya sebagai seorang anak kecil yang pandai membuat mainan. Siang hari, dia membuat mesin penangkap tikus, sedangkan malam hari dia menerbangkan lentera ke angkasa dengan layang-layang. Newton tumbuh sebagai seorang jenius yang membanggakan, suka bertengkar, dan membuat penemuan-penemuan mengenai matematika, perpindahan, gaya, serta warna yang semuanya masih kita gunakan sampai saat ini.

Momen eureka Newton
Suatu hari di akhir musim panas, ilmuwan tersebut berpikir dengan sungguh-sungguh ketika melihat sebuah apel yang jatuh, “Mengapa apel tersebut tidak pernah jatuh ke arah atas? Atau ke arah samping?” Dia menduga sejumlah gaya yang tidak terlihat menarik apel tersebut menuju pusat Bumi.
EUREKA! Newton menyadari bahwa gaya tersebut, yang disebutnya gravitasi, tidak hanya menarik apel dan Bumi, tetapi menarik semua objek. Hal ini juga menjelaskan mengapa Bumi mengitari Matahari, tidak melayang-layang bebas di ruang angkasa.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik!