John Dalton


John Dalton (1766-1844)
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTsZBu8sCnbvYrCzBrhjn84sBv5nYzTlTuPldDXF1ObDR8EFXzw
Dalton lahir di Eaglesfield, Cumbria, Inggris. Ia merupakan seorang ilmuwan Inggris. Pada tahun 1804, ia membuat teori tentang struktur suatu materi. Teori tersebut dikenal sebagai teori atom Dalton yang berbunyi sebagai berikut.

1.   Suatu zat tersusun dari suatu partikel sangat kecil yang tidak dapat dibagi lagi, yaitu atom.
2. Semua materi tersusun dari partikel terkecil yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.
3.  Atom-atom dari unsur yang sama adalah identik dan memiliki berat, ukuran, serta bentuk yang sama, tetapi atom-atom dari unsur yang tidak sama berbeda dengan atom-atom lain.
4.     Suatu senyawa terbentuk dari penggabungan dua atau lebih atom unsur.

Namun dalam perkembangannya, isi teori Dalton tidak semuanya benar. Ternyata, atom masih dapat dibagi lagi menjadi partikel yang lebih kecil (partikel subatomik). Partikel subatomik itu antara lain elektron, proton, dan neutron. Dalton, selama hidupnya telah mencatat 200.000 observasi. Dalton adalah penderita buta warna (Daltonisme) dan sampai akhir hidupnya ia belum pernah menikah.

Hukum Dalton (hukum perbandingan ganda):
“Jika dua unsur dapat membentuk dua macam senyawa atau lebih, untuk massa salah satu unsur yang sama banyaknya, maka massa unsur kedua dalam senyawanya berbanding sebagai bilangan-bilangan bulat dan sederhana.”

1 comments:

  1. hadir meramikan blog agan :)
    http://skilldevil.blogspot.com/

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik!