Mengenal Penyakit Diabetes Mellitus

Pengertian Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus atau Kencing Manis adalah suatu gejala penyakit yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Apabila hormon insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas tidak mencukupi untuk mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel, maka glukosa tersebut akan tetap berada dalam darah dan kadar glukosa dalam darah akan meningkat sehingga timbullah penyakit yang dinamakan dengan Diabetes Mellitus (DM) atau Penyakit Gula atau Penyakit Kencing Manis.
Penyakit Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang menakutkan bahkan nomor tiga sebagai penyebab kematian. Jumlah penderita penyakit diabetes dari hari ke hari terus meningkat akibat pola hidup modern yang salah, misalnya kurang olahraga, makan yang terlalu banyak karbohidrat dan gula, tidak berpuasa atau diet, dsb.

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Gejala utama Diabetes Mellitus (DM) adalah sering buang air kecil (poliuria), sering merasa lapar (polifagia), sering merasa haus (polidipsia), serta berat badan yang menurun. Selain gejala-gejala tersebut, gejala yang sering di alami oleh penderita penyakit gula adalah timbul kesemutan pada jari tangan dan kaki, kurang gairah kerja, sering mengantuk, badan terasa lemah, gatal-gatal, luka yang sulit sembuh, penglihatan kabur, gairah seks menurun bahkan sampai impotensi, dan keputihan. Terkadang, ada beberapa orang yang tidak pernah mengalami gejala-gejala tersebut, namun penyakit ini baru diketahui secara kebetulan pada waktu melakukan pemeriksaan darah.

Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus

Tindakan yang perlu dilakukan untuk pencegahan Diabetes Mellitus (DM) diantaranya adalah penyuluhan mengenai pentingnya olahraga secara teratur minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu, pengaturan gaya hidup, perencanaan pola makanan yang baik dan sehat terutama harus melakukan diet dengan pembatasan kalori, menjaga badan agar tidak terlalu gemuk dan menghindari obat yang bersifat diabetagenik serta pentingnya deteksi dini untuk mencegah semakin parahnya penyakit Diabetes Mellitus (DM).

Makanan Penurun Gula Darah

Salah satu cara mengatasi masalah gula darah yang tinggi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan penurun gula darah. Makanan penurun gula darah seperti buah-buahan dan sayuran yang mentahMakanan ini kaya akan serat, sebuah konstituen yang membantu dalam rilis lambat dan juga terkendalinya gula ke dalam aliran darah.

Dianjurkan juga untuk menghindari makanan yang sangat halus misalnya adalah tepung terigu, roti itm yang secara alami kaya akan gula, gula pekat, buah-buahan misalnya buah pisang, mangga dan juga lain-lainnya.

Setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidtrat kompleks misalnya adalah tepung gandum, dan dedak padi bersama dengan makanan yang kaya protein adalah suatu resep yang sempurna untuk menjaga kadar gula darah. Daging ayam dan juga ikan merupakan suatu sumber protein yang baik. Vitamin C yang terdapat dari buah-buahan misalnya jeruk dan lemon juga berguna.

Mengonsumsi makanan penurun darah haruslah dilakukan secara tepat waktu dan benar dengan cara yang sistematis yang bisa membantu dalam mengendalikan kadar gula darahnya. Kebiasaan makan makanan yang tidak teratur ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada suatu metabolisme tubuh.

Bagi Anda penderita penyakit gula, sebaiknya Anda melakukan wajib kontrol tingkat gula darah Anda secara berkala.

Sekian dulu artikel kesehatan kali ini yang membahas tentang Mengenal Penyakit Diabetes Mellitus. Anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya di World Learning.

3 comments:

Berkomentarlah dengan baik!