Informasi Seputar Meningitis

Meningitis merupakan suatu gejala peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang dan juga menimbulkan eksudasi berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh bakteri spesifik/non spesifik atau virus. Dalam arti singkatnya, meningitis adalah radang selaput pelindung sistem saraf pusat.
Penyakit meningitis yang disebabkan oleh serangan virus cenderung tidak terlalu serius dan biasanya akan sembuh dengan perawatan dirumah. Kondisi meningitis yang disebabkan oleh serangan bakteri meski lebih jarang ditemui, namun dapat mengakibatkan kondisi kritis dan perlu penanganan medis yang serius dan segera.

Bagaimana meningitis dapat tersebar?
Bakteri dan virus penyebab meningitis tidak dapat hidup lama di luar tubuh manusia sehingga biasanya penyakit ini disebarkan saat cairan tubuh dari penderita khususnya ingus, berpindah melalui mekanisme bersin atau kontak langsung. Setelah menyebar, penyakit ini masuk ke dalam tubuh calon korban melalui sistem pernafasan, virus atau bakteri tersebut akan masuk ke dalam darah dan menuju selaput otak.

Gejala Penyakit Meningitis – Radang Selaput Otak
-  Panas disertai gangguan neurologis seperti kejang.
-  Kehilangan kesadaran.
-  Badannya panas disertai kaku.
-  Kaku pada tengkuk leher.

Gejala Penyakit Meningitis  pada anak
-  Demam (sekitar 39ยบ C).
-  Lesu, lemah dan rewel.
-  Sakit kepala dan mata sensitif terhadap cahaya.
-  Kaku kuduk, kadang-kadang ruam kulit dan kulitnya berwarna kuning serta kejang.
-  Tidak mau makan, atau minum susu.
-  Kedinginan.
-  Menangis menjerit-jerik seperti kesakitan.
-  Ubun-ubun bayi yang masih terbuka mungkin tampak menonjol dan keras.
-  Pada bayi yang masih kecil, gejala-gejala klasik bisa terlihat malas menyusu, serta tampak lesu dan lemah sekali.

Menghindari dan Pencegahan Penyakit Meningitis
Karena penyakit ini bisa menular lewat udara berupa virus dan bakteri maka ada baiknya kita menerapkan perilaku hidup sehat dengan contoh menutup mulut jika bersin ataupun batuk, cuci tangan dan imunisasi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa jika anda menemui gejala di atas harap segera melakukan check up ke dokter terdekat agar terhindar dari resiko yang terlalu jauh.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik!